Diet Mediterania Yang Tepat, Aman dan Sehat

Advertisement
 Diet Mediterania Yang Tepa, Aman dan Sehat- proposional.Mereka juga meyakini bahwa orang-orang di mediterania lebih mempunyai usia harapan hidup yang lebih panjang di bandingkan dengan di negara-negara lain,bentuk tubuh mereka yang ideal dan terlihat awet muda,menjadi salah satu bukti bahwa mereka mempunyai gaya pola hidup yang hampir mendekati sempurna.

Dengan melihat pola hidup mereka yang membawa dampak positif bagi kesehatan,akhirnya hal ini lah yang menjadi rujukan para ahli kesehatan dunia,mereka mempelajari dari mulai makanan apa yang mereka makan hingga pola aktivitas apa yang penduduk mediterania lakukan.Setelah mempelajari pola hidup mereka,dan mendapatkan data-data yang akurat mengenai pola hidup mereka,akhirnya para ahli pun dapat mengembangkan dan menggolongkan-nya dalam sebuah pola makan yang disebut dengan diet mediterania.

Dari hasil penelitian yang di prakarsa oleh Profesor Demosthenes baru- baru ini  di Universitas Horokopoi Athena Yunani.menyimpulkan bahwa,kedisiplinan,konsisten dalam menjalankan program diet mediterania,lebih membawa dampak protektif dibandingkan dengan olah raga.

Pengertian diet mediterania

Diet mediterania adalah pola makan yang diadopsi dari pola makan sehari-hari dari penduduk mediterania.Kawasan mediterania mempunyai dareah yang berbukit,hutan pinus,banyak ditumbuhi oleh pohon zaitun.Dan wilayah mediterania sendiri berada di kawasan Eropa selatan yang meliputi negara seperti Portugal,Spanyol,Yunani,Prancis,dan nyaris semua kawasan yang berada di Italia.

Penduduk Mediterania sejak dulu sudah terbiasa dengan makanan yang alami,dimana mereka dalam memasak dengan cara, hanya dikukus,di panggang,maupun di bakar.Tidak hanya itu,kawasan mediterania yang didominasi oleh perbukitan dan pantai membuat penduduk disana,terbiasa berjalan kaki maupun berenang,hal ini lah yang menjadi rujukan para ahli yang di terapkan dalam program diet mediterania.

Diet mediterania,sangat banyak mengkonsumsi makanan berbahan nabati,seperti sayur-sayuran buah buahan,biji-bijian serta minyak zaitun,yang semua dari bahan-bahan tersebut di masak dan di konsumsi dalam keadaan segar.Konsumsi daging yang di anjurkan dalam diet mediterania adalah yang mempunyai rendah lemak,contohnya seperti ikan,daging unggas maupun ayam.

Diet mediterania mempunyai kadar konsumsi lemak yang rendah.yakni konsumsi minyak zaitun  yang  mempunyai kadar lemak tak jenuh,dimana kadar lemaknya tersebut hanya 30%. Pemakaian produk untuk minyak yang mengandung minyak hewani sangat tidak di perbolehkan dalam program diet ini.disamping itu minuman yang di konsumsi hanyalah air putih mineral.dan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman bersoda,atau minuman kaleng.

Keuntungan diet mediterania
Beberapa keuntungan program diet mediterania,selain sangat efektif untuk menurunkan berat badan,ternyata diet ini juga mempunyai keuntungan untuk kebaikan jantung.Secara khusus lagi mampu menurunkan bahaya resiko serangan jantung pada seseorang.Bahkan diet mediterania juga mampu mencegah banyak penyakit lainnya seperti kencing manis,pengeroposan pada tulang,dan penyakit seperti alzhaimer.

Dari hasil study yang dilakukan oleh British of  Cancer menemukan bahwa program diet mediterania ini mampu mengurangi resiko seseorang terkena kangker hingga 12%.Bahkan ketika diet ini di gabungkan dengan olahraga yang rutin,dapat menurunkan kadar gula darah hingga 23%.

Khusus bagi para pria,melalui diet sehat mediterania ini ternyata mampu menjadi solusi bagi mereka yang mempunyai masalah dengan ejakulasi dini.Dengan program diet ini yang mana mengkonsumsi kacang kacangan  dan minyak zaitun yang mampu untuk mengatasi ejakulasi dini.

Pola makan mediterania
piramida makanan
Terdapat empat lapisan yang harus diikuti dalam program diet ini.Lapisan paling bawah yakni terdiri dari biji-bijian contohnya gandum dan beras.Ditambah dengan bermacam sayuran dan minyak zaitun.
Lapisan kedua terdapat makanan laut seperti ikan ataupun seafood.Jenis makanan ini juga di perkenankan untuk di makan setiap hari.Dan untuk lapisan yang ke tiga terdiri dari daging unggas,susu telur,dan bermacam olahannya.Untuk makanan yang berada dilapisan ini harus dibatasi dalam kadar yang sedikit.Dan yang terakhir di lapisan ke empat berisi daging merah dan makanan manis.Lapisan ini sebisa mungkin untuk di jauhi karena tidak baik untuk kesehatan,terlebih lagi di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

Menyertakan berolahraga dalam diet.
Mnegadopsi dari aktivitas penduduk mediterania yang mayoritasnya berada di pesisir pantai,dimana mereka terbiasa melakukan aktifitas fisik.Dan pola ini bisa diterapkan pada program diet dengan berolahraga secara rutin dan teratur.









Advertisement
Diet Mediterania Yang Tepat, Aman dan Sehat | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment